FESTIVAL KAKAO BERKELANJUTAN

PHTO0014.JPGPenulis : PARMANSYAH

Sesuai Rencana Kerja Organisasi (RKO) Puskoptan Amanah sebagai bagian dari program SACD (Sustainability Agriculture Chain Development), yakni pelaksanaan Festival kakao berkelanjutan. Kegiatan Festival Kakao berlangsung dari tanggal 11 s/d 13 November 2013 di Lapangan sepak bola Pariangan Desa Pussui Kec.Luyo, dimaksudkan sebagai ajang silaturrahmi, sharing informasi dan pengetahuan antara semua stakeholder perkakaoan serta dimaksudkan menjaga motivasi petani dan kelompok tani dalam berusahatani. Festival ini didukung penuh oleh lembaga Nirlaba Internasional VECO Indonesia sebagai donor utama program di Puskoptan Amanah.
Acara yang dimediasi oleh BSP WASIAT (Wahana Sukses Pertanian Terpandang) dikemas dalam bentuk perkemahan dengan pertandingan berbagai jenis lomba, yaitu : Lomba Asah Terampil, Kebun Sehat, Lomba Organisasi Petani dan lomba yang sifatnya permainan/game (Lomba titian bambu, lomba panjang-panjangan, lomba perahu tenggelam, lomba lempar telur dan lomba memasukkan paku ke botol). Wahana Sukses Petanian Terpandang (WASIAT) berkantor pusat di Jl. KH.Muh Saleh Cerbon Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar (Sulawesi Barat), dalam melakukan pendampingan ke organisasi petani, bekerja dan memiliki perwakilan di wilayah: Kab. Luwu Timur dan Luwu Utara (Prov. Sulawesi Selatan) dan Kab. Parigi Moutong dan Tinombo (Prov. Sulawesi Tengah) serta dalam proses pembenahan di Kab. Mamasa (Prov. Sulawesi Barat).

PHTO0054.JPGMendahului pembukaan acara ini telah dilaksanakan lomba kebun sehat, lomba organisasi petani dengan melibatkan tim penilai dari Petugas penyuluh Lapangan dari BPP. Pada Tanggal 11 November diadakan lomba penyisihan berbagai pertandingan. Festival Kakao Berkelanjutan ini melibatkan beberapa sponsor sebagai pendukung acara, antara lain : Armajaro, Mars, Petrosida Gresik, Syngenta, Kresna Bumitama Sejati dan Pemda Kab. Polewali Mandar
Pembukaan secara resmi Festival Kakao Berkelanjutan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 12 November 2013 oleh Bupati Kab. Polewali Mandar yang diwakili Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Tanaman Pangan Kab. Polman. Acara pembukaan ini dihadiri secara langsung Koordinator Lapangan Veco Indonesia di Sulawesi Peni Agustiyanto, 6 organisasi petani tingkat kecamatan Kab. Polman, 48 Kelompok Tani yang membawa sekitar 420 petani sebagai peserta dan Kelompok Tani Cahaya Sejati dari Kab. Luwu Timur Prov. Sulsel. Instansi Pemerintah lingkup Pemda Kab. Polman yang hadir pada acara pembukaan ini adalah : Dinas Pertanian, Peternakan dan Tanaman Pangan; Dinas Kehutanan dan Perkebunan; Dinas Koperasi dan UKM; BPMPD; Camat Luyo, BPP Kecamatan, beberapa Kepala Desa se-Kec. Luyo.
Peni Agustiyanto, “kami menyampaikan apresiasi kepada WASIAT sebagai lembaga pendamping organisasi petani, Puskoptan Amanah dan Panitia Pelaksana yang telah melaksanakan Festival berlangsung sukses dan cukup meriah meskipun masih terdapat kekurangan”. VECO Indonesia menyampaikan bahwa acara seperti ini baru pertama kali dilaksanakan dan Organisasi Petani di Kab. Polewali Mandar telah mampu melaksanakannya dengan sangat baik dan selangkah lebih maju dibanding daerah lain dimana VECO Indonesia bekerja atau bermitra di berbagai daerah Indonesia dan berkomitmen untuk tetap memberikan supportnya untuk program yang direncanakan WASIAT dan Organisasi Petani/Puskoptan Amanah di Kab. Polewali Mandar.
Ir. Basir, MMA (Kepala Dinas Petanian, Peternakan dan Tanaman Pangan) mewakili Bupati Polewali Mandar dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi, menyampaikan terima kasih kepada lembaga VECO Indonesia yang telah memberikan sumbangsih sebagai donor berbagai program organisasi petani di Kab. Polewali Mandar dan para sponsor acara. Ir. Basir, MMA., “Kabupaten Polman memang sangat layak menjadi tuan rumah pelaksanaan acara, karena sudah sejak lama kabupaten ini dikenal sebagai daerah kebun induk kakao di Sulawesi”. Pemerintah Kabupaten Polman sangat mendukung dan memberi perhatian besar dalam pembangunan sektor pertanian secara umum terutama yang berhubungan langsung dengan kehidupan petani.
Setelah acara pembukaan secara resmi dilanjutkan pertandingan babak final Lomba Asah Trampil yang diikuti 4 regu yang telah lolos di babak penyisihan, yaitu: Regu A dari Kec. Tapango, Regu B dari Luwu Timur, Regu C dari Kec. Luyo dan Regu D dari Kec. Mapilli. Setelah Acara Final Asah Trampil dilakukan penyerahan hadiah Lomba Asah Trampil, Lomba Organisasi Kelompok Tani dan Lomba kebun Sehat. Untuk Lomba Asah Trampil hadiah diserahkan oleh Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Tanaman Pangan, berupa masing-masing sepasang bibit kambing PE, Trofi dan uang pembinaan.
Penutupan Festival Kakao Berkelanjutan dilangsungkan pada hari Rabu Tanggal 13 November 2013 oleh Direktur Lembaga WASIAT Ir. Rauf, MMA yang didampingi badan pendiri WASIAT Ir. M. Akil, Parmansyah dan Daisyah. Berdasarkan penilaian secara keseluruhan maka yang keluar sebagai Juara Umum acara Festival Kakao Berkelanjutan tahun 2013 adalah Kontingen Kec. Tapango.            


Silakan Tinggalkan Komentar