KSU AMANAH CALON KOPERASI TANI ANDALAN DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

O: Parmansyah

Sekitar 800 anggota dan Nasabah menghadiri Rapat Anggota Tahunan KSU Amanah, acara ini berlangsung di Hotel Istana Wonomulyo Kab. Polewali Mandar pada hari sabtu tanggal 5 April 2013. Pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, oleh seluruh peserta dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Pak Hasri (sekretaris KSU Amanah) dan sambutan panitia pelaksana disampaikan oleh Pak Kaharuddin sebagai ketua panpel.

Pembukaan secara resmi disampaikan Pak Baharullah, SE., yang mewakili Kepala Dinas Koperasi UMKM Kab. Polewali Mandar. Baharullah, SE., mengatakan ”saya paham sejak tahun 2012 KSU Amanah ini berjalan bagus, setiap tahun melaksanakan RAT sebagai tanda sehatnya sebuah koperasi, sehingga saya merasa berhutang kalau KSU Amanah ini saya tidak tampilkan, tahun ini saya sudah laporkan ke kepala dinas provinsi bahwa salah satu koperasi unggulan yang akan saya dorong adalah KSU Amanah di Kabupaten Polewali Mandar”, yang disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari seluruh peserta RAT. Selanjutnya disampaikan bahwa Dinas Koperasi hanya akan membantu koperasi yang memenuhi 3 persyaratan sehat, yaitu: sehat administrasi, sehat organisasi dan sehat usaha.

Hadir dalam pelaksanaan acara ini antara lain adalah Dinas Koperasi, Dinas Perkebunan, Badan Penyuluh, Direktur WASIAT beserta badan pendiri LSM WASIAT (Ir. Al Imran, Ir. M. Akil, Daisyah, SP dan Parmansyah) , Koperasi Primer yang berafiliasi ke KSU Amanah (Koperasi Bina Agro Usaha Kakao Mapilli, Koperasi Kakao Sejahtera Luyo, Koperasi Lita’ Pembolongan Tutar, Koperasi Mitra Agrobisnis Kakao Tapango, Koperasi Siamasei Galung Lombok Koperasi Amal Bakti Mandiri Anreapi, Koperasi Sambulo-bulo Bulo dan Koperasi Asy-Syifa Mambi Kab. Mamasa) dan ratusan nasabah lainnya.

Ketua KSU Amanah Hassani Zainuddin, S.Pt., Msi., menyampaikan bahwa tahun buku 2013 Koperasi memperoleh laba setelah pajak sebesar Rp 104.705.598,- (Seratus empat juta tujuh ratus lima ribu lima ratus sembilang puluh delpan rupiah) dari total pendapatan Rp 155.012.628,- dan total biaya Rp 50.695.997., selama setahun. Laba tahun buku 2013 mengalami peningkatan 8 kali lebih besar dibanding laba tahun buku 2012 yang hanya Rp 13.026.726.

 

Ir. Rauf, MMA. berharap agar semua yang telah terbangun selama WASIAT mendampingi organisasi petani, yakni KSU Amanah semakin mampu meningkatkan perannya dalam menyelasaikan berbagai masalah yang dihadapi oleh anggota koperasi yang hampir keseluruhannya berprofesi sebagai petani.   “ Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap VECO Indonesia yang terus memberikan dukungan dalam pengembangan organisasi petani dan WASIAT semoga kerja sama ini dapat berjalan lebih baik kedepannya” kata Ir. Rauf, MMA, Direktur WASIAT dalam sambutannya.

Sementara dalam sesi tanya jawab disimpulkan beberapa hal yang menjadi harapan anggota koperasi, yaitu :

  1. Pembinaan secara berkesinambungan koperasi-koperasi kecamatan oleh Dinas koperasi dan LSM WASIAT.
  2. KSU Amanah diharapkan membangun kemitraan dengan pihak pengolah biji kakao/pabrikan.
  3. KSU perlu membangun unit pengolahan biji kakao meskipun dengan skala “home industry”

Ir. M. Akil dalam kesempatan ini menyampaikan, “sesuai informasi yang didapatkan bahwa besar kemungkinan perencanan VECO Indonesia tahun-tahun mendatang akan menjadi bagian dari supporting pembiayaan dalam bentuk modal kerja untuk organisasi petani binaan, tapi tergantung bagaimana perkembangan KSU Amanah”.

Pada penutupan acara RAT dilakukan penarikan puluhan undian berhadiah/doorprize yang terdiri : paket pupuk cair, kipas angin, handphone dan hadiah utama televisi berwarna 18” yang dipandu langsung ibu Rahmaniah, SP., MP didampingi semua ketua koperasi kecamatan.

Diterbitkan di Home

Silakan Tinggalkan Komentar